Kim Cimanggis,Cisalak Pasar

Kabar gembira di bidang kesehatan datang dari UPF Puskesmas Cisalak Pasar,pasalnya ketua UPF tersebut yang bernama Drg.Ambar Hardiani Widjadjanti terpilih sebagai tenaga kesehatan teladan yang akan mewakili Kota Depok menuju Jawa Barat.

Pemilihan tenaga kesehatan teladan tingkat Kota Depok yang telah berlangsung merupakan bagian dari rangkaian pemilihan tenaga kesehatan tingkat propinsi,dimana bagi pemenang juara 1 Tk. Propinsi, berhak utk melaju ke tahapan selanjutnya yakni Tingkat Nasional.

Ada 5 kategori yg dilombakan dalam pemilihan tersebut di Tingkat Kota Depok yakni kategori : Dokter / Dokter Gigi, Bidan, Perawat, Gizi, Sanitarian.
Beragam upaya  dilakukan meski waktu yg diberikan dalam penilaian tersebut tidaklah lama.

Saat tiba waktunya pelaksanaan seleksi dimulai dengan tes menggambar, dilanjutkan dengan tes tulis, dan wawancara yang terdiri dari 3 meja dewan juri,diantaranya : Meja Ikatan Profesi, yang mana dalam hal ini bagi dokter di uji oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI),sedangkan Dokter Gigi di uji oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesi (PDGI).Sementara untuk Bidan di uji oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI),Perawat di uji oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI),untuk Gizi di uji oleh Persatuan Gizi Indonesia (PERSAGI) dan Sanitari oleh Himpunan Tenaga Ahli Kesehatan Lingkungan  Indonesia (HAKLI).

Setelah melewati penilaian tersebut masih ada lagi uji yang di namakan Inovasi,dimana setiap peserta wajib memaparkan proyek inovasi yang mereka pilih sebagai andalan.

Lolos dalam penilaian tadi dilanjutkan uji oleh Dinas Kesehatan,dengan 5 point  penilaian yang saling terikat dan berhubungan satu sama lain.Diantaranya : Kinerja, Pemberdayaan masyarakat, Peran serta di lingkungan, serta hal-hal yang sudah  atau belum dilakukan.

" Saya tidak menyangka jika saya terpilih sebagai Dokter Gigi teladan mewakili Kota Depok di ajang pemilihan tenaga kesehatan teladan,kalau bukan di pilih dan di support oleh atasan saya,mungkin saya tidak pede " ujarnya saat di temui di ruang kerjanya.

" Mohon do'a restu dan dukungannya agar bisa mewakili Kota Depok di ajang Tingkat Provinsi nantinya dan dapat menjuarai di tingkat tersebut sehingga dapat maju ke Tingkat Nasional. Agar dapat mengharumkan Kota Depok dan berharap  dapat menjadikan kesehatan di Kota Depok khususnya lebih baik," katanya kembali.(eddi cipas)