Sampah Tak Ada Habisnya di Situ Gadog

Kim Cimanggis,Cisalak Pasar

Keberadaan Situ Gadog di Jalan Radar Auri Kelurahan Cisalak Pasar saat ini memang sudah tidak seperti dulu lagi
Luas Situ tersebut yang dulunya mencapai 1.3 Hektar kini sudah berkurang hanya sekitar 800 hingga 900 meter persegi saja. Adanya bangunan di sekitar wilayah tersebut membuat keberadaan Situ Gadog tidak terlihat dari jalan, hanya jalan setapak di bibir kali gendong saja sebagai akses masuknya.

Normalisasi yang belum lama di lakukan belum bisa di harapkan Situ Gadog berpungsi kembali keberadaannya, dana yang di keluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersebut mencapai 1,9 M.

"Normalisasi belum maksimal, kedalaman Situ pun baru kurang lebih satu meter dan lumpurpun masih banyak sehingga airnya masih keruh dan bau, belum lagi sarana jogging trek yang di buat belum seluruhnya selesai, ini juga karena kurang pengawasan terhadap kontraktor yang mengerjakannya. Makanya saat ini kami telah membentuk Pokja Situ Gadog yang di ketuai Herwandi atas musyawarah warga,para pengurus Rt/Rw serta Lurah agar kedepannya bisa bekerja sama dalam memelihara dan memajukan Situ Gadog agar menjadi tempat obyek wisata nantinya " ujar Iwan sebagai Wakil Ketua Pokja.

Saat ini kali gendong yang berada persis di tepi situ merupakan saluran air yang sudah di pisah agar air tidak masuk ke situ, namun sayangnya aliran kali gendong tersebut selalu kotor dan penuh sampah yang di buang warga. Bau tak sedap serta banyaknya jerami merupakan sisa makanan sapi serta kotorannya, sampah- sampah lain menyatu di kali gendong tersebut.

Petugas dari Bina Marga dan Sumber Daya Air dari beberapa hari yang lalu telah membersihkan kali tersebut, hingga selasa(12/4/16), petugas masih membersihkannya. "Sebenarnya kami sudah membersihkannya dan hampir selesai, namun karena adanya hujan beberapa hari yang lalu menyebabkan sampah kembali memenuhi kali tersebut hingga kami jenuh juga melihatnya ga abis-abis " kata salah seorang petugas yang tak mau di sebutkan namanya.

Saat meninjau lokasi pengurus Pokja Situ Gadog juga bertemu dengan seorang petugas dari Balai Besar Sungai Cisadane dan juga pengurus LPM untuk membahas kedepannya agar Situ segera di normalisasikan kembali agar lebih baik.
(eddie cipas.)